RSS

[RESENSI #BAHAGIA MENDIDIK MENDIDIK BAHAGIA]

07 Apr

bahagia mendidik mendidik bahagia

Coretan Mantan Staf (ODOP-80)

Pengarang          : Ida S. Widayanti

ISBN                      : 978-979-1328-71-5

Terbit                    : Februari 2013

Halaman              : 166 hlm. + xxviii

Penerbit              : Arga Tilanta

Cover                    : Soft cover

Membaca kisah perjuangan seorang bunda yang dituliskan dengan bahasa kalbunya selalu memberikan kesejukan hati. Apalagi bila dikombinasikan dengan latar belakang keilmuan yang luas dan dalam. Indonesia sangat membutuhkan buku-buku yang memberikan pengayaan bagi para orangtua dan pendidik dalam upaya mempersiapkan generasi penerus bangsa. Inilah yang telah disajikan dengan elok oleh penulis buku ini.

Buku ini menjadi lebih menarik karena selain kisah-kisahnya menyentuh ala Chicken Soup for the Soul, kedalaman ilmunya juga memberikan gambaran dan kerangka berpikir yang lengkap bagi orangtua dan semua yang berjiwa pendidik. Nuansa spriritual yang kental menjadikannya makanan jiwa dan pada saat yang sama juga memuaskan dahaga intelektual.

Dalam buku ini, penulis memuaskan dahaga kita akan buku yang membumi, bernuansa lokal dengan ilustrasi yang akrab dengan kehidupan kita, namun pada saat yang sama juga sarat dengan wawasan keilmuan, baik secara intelektual maupun spiritual.

Buku ini terdiri dari tiga bagian. Bagian satu berisi Kekuatan Bahasa. Pada bagian satu buku ini terhimpun kisah-kisah yang menunjukkan betapa kata-kata, bahasa, atau komunikasi sangat berpengaruh dalam mendidik anak. Mampu mengantarkan seseorang pada kegagalan atau kesuksesan. Semoga kita mampu mengambil hikmahnya.

Bagian dua buku ini berisi Membangun Kebiasaan. Kisah-kisah pada bagian dua ini menunjukkan bahwa pembiasaan positif harus dilakukan sejak dini. Pendidikan dan pengasuhan di awal kehidupan anak sangatlah penting. Berbicara tentang pendidikan karakter, sesungguhnya haruslah dimulai sejak dini dengan pembiasaan positif dan dilakukan secara simultan baik di sekolah maupun di rumah.

Bagian tiga berisi Memetik Hikmah. Melalui beberapa kisah di bagian tiga buku ini kita bisa bercermin, bahwa banyak cara yang bisa dilakukan saat kita dihadapkan pada permasalahan-permasalahan mendidik anak. Selain dengan cara dialog, sebagaimana pada kisah awal, bisa dengan memaknai beragam peristiwa. Alam selalu menghadirkan pengetahuan dan hikmah bagi siapa saja yang membuka hati dan pikirannya.

Jalinan kata dalam buku ini mampu membuat kita tersadar akan keindahan kehidupan dan membuat kita menyadari betapa bersyukurnya menjadi makhluk ciptaan-Nya yang paling sempurna.

-Emma Lucya F-

 

 

 
Leave a comment

Posted by on April 7, 2016 in resensi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: