RSS

Kampung KB, Sedikit Anak Banyak Rezeki?

06 Apr

Coretan Mantan Staf (ODOP-78)

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membentuk Kampung Keluarga Berencana di Kelurahan Kedaung Baru, Kecamatan Neglasari. Kampung KB ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mengurangi laju pertumbuhan penduduk (news.okezone.com, 24/3). Dari program Kampung KB diharapkan bisa menurunkan angka kemiskinan dengan turunnya angka kelahiran, mencegah pernikahan dini, pemberantasan HIV/AIDS dan lain-lain.

Akar masalah dari kemiskinan di negeri kita sebenarnya bukanlah karena banyak anak. Banyak anak tidak selalu linier dengan kemiskinan. Keluarga yang memiliki jumlah anggota keluarga yang besar alias memiliki banyak anak bukanlah penyebab utama peningkatan angka kemiskinan di Indonesia. Permasalahannya adalah kesalahan adopsi sistem ekonomi kapitalis yang menyebabkan distribusi kekayaan di masyarakat tidak merata. Ada jurang yang sangat besar memisahkan si kaya dan si miskin. Kekayaan hanya dinikmati oleh segelintir orang. Menyitir syair lagu Bang Haji Rhoma Irama: “Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin.” Memang begitulah watak sistem kapitalisme sekuler, uang bak raja yang bisa menentukan apa saja! Yang kaya lah yang berkuasa.

Apa yang terjadi pada artis Marshanda dengan sang ayah yang sedang hits di media saat ini juga menambah fakta bahwa ternyata bukan soal jumlah anak semata yang menjadi penyebab kemiskinan. Tapi adalah ketimpangan ekonomi yang sudah sedemikian parah dan distribusi ekonomi yang tak adil akibat penerapan sistem kapitalis. Harusnya kita mencari akar pemasalahannya, jangan sampai kebijakan Kampung KB nantinya akan menimbulkan masalah baru. Jadi, masihkah kita mengkambinghitamkan anak-anak atas nama kesejahteraan? Dan masihkah setuju dengan ungkapan : “Sedikit Anak Banyak Rezeki?” Pikir-pikir lagi deh.[]

-Emma Lucya F-

 
Leave a comment

Posted by on April 6, 2016 in opini

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: