RSS

Pelajar Tewas Sia-sia, Salah Siapa?

27 Feb
tewas sia2 1

SP dimuat di Radar Bogor

 

Coretan Mantan Staf (ODOP-43)

Mengenaskan! Hilarius tewas akibat bantingan keras, benturan di kepala dan pukulan tepat di ulu hatinya di “laga” tawuran antara gank dari SMA BM dengan SMA MY (29/1) yang terjadi di Lapangan Indraprasta Bogor (radar bogor, 25/2). Kejadian ini sungguh disesalkan kenapa aksi perkelahian ini masih juga menjadi tradisi dan lolos dari pengawasan. Lalu jika ini terlanjur terjadi, siapa yang kemudian harus bertanggung jawab?

Generasi remaja kita memang masih krisis identitas. Dari keluarga, masih banyak dari remaja yang ternyata masih minim pendidikan agama dan moral. Agama dikesampingkan. Ini diperparah dengan kurikulum sekolah yang cenderung lebih mementingkan hasil belajar (output/nilai di atas kertas) dibandingkan prosesnya bagaimana pada siswa terbentuk pola pikir dan pola sikap (syakhsiyah/kepribadian) yang matang dari hasil belajarnya itu.

Ini semua memang tak bisa lepas dari sistem hidup yang berlaku ditengah masyarakat/negara. Karena di negeri ini memang mengadopsi budaya permisif (serba boleh), remaja pun ikut menjadi korban bahkan pelakunya. Remaja tawuran juga karena mereka ikut-ikutan ajakan teman yang tidak jelas jluntrungan (arahnya). Akhirnya energi berlebih (potensi) remaja tersalurkan pada hal-hal yang salah, tawuran salah satunya. Mereka tak peduli lagi risiko perbuatannya. Tak peduli bahwa menyakiti fisik orang lain termasuk perbuatan melanggar hukum.

Maka sudah menjadi PR kita bersama untuk mengubah sistem dan gaya hidup permisif yang melingkupi kita saat ini dengan sistem aturan yang mampu menjaga/menghargai nyawa manusia, tak akan mati dengan sia-sia.[]

Emma Lucya Fitrianty

 
Leave a comment

Posted by on February 27, 2016 in chickenSoup

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: