RSS

“99 Cahaya di Langit Bogor Raya”?

22 Feb

Coretan Mantan Staf (ODOP-38)

Menarik, judul salah satu headline news Radar Bogor (11/1) “99 Masjid Dunia Berdiri di Sukajaya”. Menarik karena langsung mengingatkan kita dengan judul novel terkenal karya putri politikus besar negeri ini Hanum Rais berjudul “99 Cahaya di Langit Eropa”.

Jika kemudian pemerintah mengamini pembangunan miniatur 99 masjid di dunia sebagai khasanah peradaban Islam, ini patut diapresiasi banyak pihak. Seperti diberitakan Radar Bogor (11/1) bahwa di Desa Kiarapandak, Kecamatan Sukajaya akan dibangun Taman Miniatur Masjid Dunia (TMMD). Mega proyek ini senilai Rp 6 triliun ini bakal berdiri di atas lahan seluas 215 hektar. Bogor akan semakin banyak dikunjungi wisatawan, domestik maupun asing. Pendapatan daerah akan semakin besar. Sepertinya cukup menggiurkan bila dilihat dari sisi materi.

Namun, lagi-lagi yang namanya proyek besar pasti ada tender besar-besaran. Ancaman korupsi sudah di depan mata, baik datangnya dari pihak swasta atau dari pihak pemerintah sendiri. Kita masih ingat, di tahun 2015 kasus korupsi tentang proyek pembangunan jalan di Bogor belumlah tuntas (sindonews.com, 7/9/2015). Kenapa untuk sebuah proyek besar semacam ini selalu ada alokasi dana dari pemerintah? Jangka waktu cairnya dana dari pemerintah pusat pun tidak terlalu lama. Ini berbeda jika untuk kepentingan rakyat miskin. Berbagai subsidi untuk rakyat kecil dicabut. Akibatnya saat ini jumlah Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Kabupaten Bogor meningkat menjadi sebanyak 56.300 dibandingkan tahun lalu 52.325 KSM. Sedangkan di kota Bogor, sekitar 42.000 KSM dari total penduduknya1,02 juta jiwa (poskotanews.com, 17/9/2015).

Kebutuhan rakyat miskin harusnya diutamakan. Didahulukan. Pemerintah tak boleh abai dan berhenti pada sebuah pencitraan. Jangan sampai proyek pembangunan miniatur masjid dunia di Kota Hujan menjadi paradoks, kemegahan di tengah pemiskinan rakyat.

Emma Lucya Fitrianty, S.Si

Penulis Buku-buku Islami

 
Leave a comment

Posted by on February 22, 2016 in chickenSoup

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: