RSS

Belajar dari Regresi dan Pasukan Rayap

20 Jan

Coretan Mantan Staf (ODOP-5)

Beberapa waktu lalu setelah pindah rumah, saya membuka-buka buku di kardus. Ada kumpulan buku-buku fiksi, nonfiksi, termasuk buku-buku ilmiah ke-statistika-an yang saya gunakan sebagai acuan untuk menganalisis data penelitian orang. Ya dua tahunan ini saya masih off dari nyambi menjadi Konsultan Statistika. InsyaAllah nanti akan launching lembaga analisis data yang baru (tunggu tanggal mainnya, hehe..).

Dan tiba-tiba pandangan saya tertuju pada Skripsi tahun 2008 berjudul “Pendugaan Parameter Regresi Semiparametrik dengan Pendekatan Kernel” dengan kondisi yang parah. Ternyata setelah ditumpuk beberapa bulan di dalam kardus, kertas di bagian dalamnya sudah dimakan RAYAP. Astaghfirullah!

Ya sudahlah. Sudah kadung bolong. Itu namanya qadha’. Sudah jadi rizkinya para rayap untuk makan kertas Skripsi saya (tapi kenapa milihnya Skripsi, bukan buku yg lain saja? Lagi-lagi, masih bertanya juga. hehe). Ya namanya juga qadha’. Sudah diatur sedemikian rupa oleh Allah ya. Tentunya, para rayap itu nggak ngerti soal sentiment pribadi kan ya?! Sehingga dengan kesengajaan melahap kertas-kertas bersejarah itu. Tapi itu satu-satunya print out yang tersisa, tentunya selain yang diberikan kepada pihak kampus. T_T

Fyi, qadha’ adalah ketetapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas diri kita, hidup kita, sekecil apapun dan sesederhana apapun yang terjadi, yang menimpa kita. Yang terjadi sedetik yang lalu itu sudah termasuk qadha’ dari Allah. Di keluarga mana kita dilahirkan, siapa akhirnya jodoh kita, berapa banyak rizki yang kita nikmati yang masuk ke tubuh kita, dan nanti…kapan dan di mana kita akan mati, itu semua sudah tertulis di Lauhul Mahfudz. Qadha’ berada di LUAR wilayah kekuasaan kita. Kita tak bisa memilih yes or no, setuju atau tidak. Dan yang pasti kita tidak akan dihisab Allah atas sesuatu yang terjadi di luar kuasa kita. Namun sebaliknya, ada wilayah yang berada di dalam kuasa manusia untuk memilih melakukan suatu perbuatan atau tidak. Wilayah halal-haram ada di dalamnya, termasuk hal yang mubah, makruh dan sunnah. Kaidah hukum syara’ berlaku atas kita dalam wilayah kita ini. Ada pahala, pun ada dosa. Semua ada balasannya.

Kembali ke pasukan rayap, apakah mereka tahu soal teori persamaan regresi? (just kidding, hehe).

Dalam persamaan regresi linier berganda y=b1x1+b2x2+…+bnxn+e ada variable penjelas (x), variable respon (y) dan galat (e). Analog dengan kehidupan, sebagaimana juga dipaparkan dalam buku Husain Matla berjudul “Misi di Sebuah Planet”, ada ikhtiyar (usaha) yang analog dengan x, ada hasil yang analog dengan y. Terkadang hasil dari ikhtiyar kita tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Ternyata disana ada galat (e) yang merupakan faktor di luar kekuasaan kita. Dalam kehidupan, kita yakin bahwa e adalah milik Allah subhanahu wa ta’ala. Inilah yang bisa membuat kita tak hanya BEKERJA KERAS, tapi juga PASRAH bahwa hasil adalah urusan Yang Maha Kuasa.

Dalam Islam dikenal bahwa cara Allah menolong manusia melalui dua hal: SUNNATULLAH (hukum alam) dan INNAYATULLAH (pertolongan Allah secara langsung). Terkait sunnatullah, manusia diperintahkan untuk memanfaatkan hal tersebut sebaik-baiknya. Inilah yang menjadi kunci dari ikhtiyar dengan berfikir y=b1x1+b2x2+…+bnxn+e. Temukan x1, x2 dan x-x lainnya! Sedangkan terkait innayatullah, manusia diperintahkan memohon pertolongan Allah. Diharapkan dengan itu, Allah menolong alias memberikan “e” yang positif. Dengan keyakinan akan pertolongan Allah akan membuat ikhtiyar pun menjadi tenang dan proses ikhtiyar berlangsung lebih sempurna. Dengan kata lain, keyakinan tak hanya mendorong “e” tapi juga mendukung “b1x1+b2x2+…+bnxn”. MasyaAllah!

Begitu dipaparkan dengan gamblang oleh ustadz Husain Matla dalam bukunya. Ternyata teori statistika bisa juga dianalogkan dengan kehidupan ya.

Ya sudah. Berarti saya memang harus nrimo skripsi saya rusak. Yakin bahwa Allah telah, sedang dan akan memberikan “e” yang positif. Salah satunya, ada niatan untuk ambil Master di bidang yang sama, bukan karena ingin menggantikan skripsi dengan tesis. Yang meng-amin-i insyaAllah dapat pahala.😛 []

 

Emma Lucya Fitrianty, S.Si

penulis

2016-01-20 11.14.10

2016-01-20 11.15.49

 
Leave a comment

Posted by on January 20, 2016 in chickenSoup

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: