RSS

Karena Aku Bukan Alien!!! *

26 Oct

“Dakwah is simple! Just say it to the other person!”

Kata-kata itu sedikit menghiburku. Kamu tahu kenapa kawan? Karena aku rasakan dakwah itu sangat berat. Menyampaikan sesuatu kebenaran yang lebih banyak akan ditolak oleh orang lain. Itu pemahaman awalku. Dulu. Ketika aku baru saja menemukan jalan baru Islam. Ketika pada saat itu, ada perang batin dalam jiwaku akan kemana aku melangkah, dan pilihan hidup seperti apa yang akan aku ambil untuk sisa hidupku.

Terserahlah, mungkin kau menganggapku aLay. Up to you! Yang jelas, aku hanya mau jujur kepada diri sendiri. Bahwa bukanlah hal yang mudah untuk mengambil pilihan hidup yang hampir bisa dikatakan 180 derajat dengan kebiasaan hidup kita sebelumnya. Karena pada saat itu, musuh kita adalah diri kita sendiri. It’s a challenge to me! And I was extremely lost before I knew Islam Ideology. I was lost! Extremely! Did you realize that?? Hhhfftt. Kamu tahu dunia gemerlap yang selalu saja mengasyikkan itu? Ya, disitulah dulu aku berada. Yang tak perlu aku ceritakan bagaimana hidup dan kehidupanku pada saat itu, benar-benar Najis!

Aku yakin, diantara kamu semua juga pernah mengalami hal yang sama. Berat! Serasa di dada ini ada beban seberat seratus kilogram. Ditambah lagi komunitas dan teman-teman yang cenderung menjauh. Bahkan pernah ketika itu, ketika aku berpapasan dengan dengan ex-komunitas band indy-ku di halaman kampus,, mereka marah luar biasa. Kami yang sangat menyukai lagu-lagu Superman is Dead dan Netral. Heh! Hampir saja leherku dicekik salah satu dari mereka, sebut saja namanya si boy. Si boy sama sekali tidak rela aku menjadi seperti ini. Hampir saja kerudung dan jilbabku ditariknya, tapi untung saja teman karibku yang lain menarik kembali tangan si boy yang hampir saja menampar pipi kananku. Parah!

Aku tidak marah sama sekali atas sikap mereka itu. Aku sangat bisa memahami kemarahan mereka atas perubahanku ini.

Tapi, disini, aku ingin bertanya padamu, kawan? Maukah kamu memahami perjalanan hidup orang-orang sepertiku ini, sedikit saja. Itu saja sudah cukup, tak perlu kamu membela orang-orang semacam aku ini seperti teman karibku itu. Tidak! Ahhh.. tapi sudahlah…aku bukanlah perempuan yang cengeng! Aku bisa bertahan, meskipun seisi dunia akan menolakku! Itu! Life is choice! Ya, setiap pilihan pasti ada konsekuensi. Dan inilah pilihan hidupku, kawan! Dan kini, telah aku rasakan konsekuensi atas pilihanku sedang menjalari palung kehidupanku.

Sekarang, siapa yang tak ingin menjadi baik? Siapa yang hidupnya tidak ingin baik? Aku pun sama. Aku hanya ingin menjadi lebih baik hingga Tuhan mau tersenyum atas apa yang aku lakukan. Simple, kan? Aku bukan alien yang harus dijauhi! Aku bukan alien yang juga harus ditakuti. Aku tak akan meng-exclusive-kan diri dan mengasingkan diri, ber-uzlah?. Tidak! Aku akan tetap menjadi diriku. Tetap di sini! Menjadi diriku yang aku ingini lebih baik di ‘mata’-Nya.

Dan kini, aku mengenal dakwah. Dakwah = menyampaikan apa yang aku pahami sebagai kebenaran kepada orang lain. Itu saja intinya, sederhana sekali bukan?

Ketika kamu ‘mau’ memahamiku, aku yakin kamu juga akan memahami apa yang aku sampaikan. Kenapa aku begitu yakin? Karena kita sama-sama manusia. Karena kita sama-sama menginjak bumi yang sama. Karena kita sama-sama bukan alien!

Thank to Alloh! Karena aku saat ini dapat memahami bahwa dakwah itu menyenangkan dan menenangkan kita. Dakwah ini simple, tidak rumit. Dakwah kepada Islam Ideology is simple. Dakwah ini juga bukanlah produk alien yang harus ditakuti menjadi dakwah-phobia.

Dakwah kepada Islam Ideology ini sudah menjadi darahku! Sudah menjadi martir untuk hidupku. Namun, sekali lagi aku katakan kepadamu, bahwa aku bukan alien! Aku lakukan semua ini, dengan caraku, on my own way!

Bagaimana denganmu? Masih menjadi alien bagi agama dan Tuhanmu sendiri?

[]

*sepenggal cerita sahabat

k@ze

 
1 Comment

Posted by on October 26, 2011 in chickenSoup

 

Tags: ,

One response to “Karena Aku Bukan Alien!!! *

  1. yirumakaze

    March 17, 2012 at 10:25 am

    Reblogged this on Yirumakaze's Blog.

     

Leave a Reply

 
