RSS

Tak Bosan Bicara Produktifitas

20 Oct
oleh : Daarul Muslimah

Manusia di ciptakan Allah dalam wujud yang amat baik dan sempurna (Fii Ahsani Taqwiim), dalam kesempurnaanya sebagai bmanusia, Allah mengaruniakan potensi dan kemampuan yang luar biasa, diantaranya, potensi menterjemahkan ayat-ayat Allah, baik yang berkaitan dengan perkembangan teknologi, kedokteran maupun berkenaan dengan human development, sehingga seorang engineering yang begitu terpana dan terpesona melihat kepakan sayap seekor burung, mampu melahirkan ide untuk menciptakan sebuah pesawat (walau sayapnya diam). Dari ide itulah lahir alat transportasi tercepat ada dan di nikmati sebagian penduduk Indonesia…sebuah karya yang lahir dari produktifitas berpikir yang luar biasa… subhanallah.

Bicara produktifitas berarti tak lepas dari kata “produk”, yang berarti mamapu berbuat sesuatu dan menghasilkan sesuatu. Bicara tentang kata “Produktif” ini, terkadang kita tidak ngeh apa yang harus diproduktifkan, sehingga pembicaraan hanya menjadi kata-kata yang melenggang, masuk dari telingga kanan, keluar dari telingga kiri. Sebenarnya kita diberi Allah perangkat untuk mencium, bergerak, mendengarkan, juga menganalisa sesuatu, itu adalah modal dasar seseorang bergerak produktif. Kata produktif tidak identik dengan bekerja, namun lebih pada memaksimalkan waktu yang Allah berikan, dengan sesuatu yang bermanfaat bagi diri, orang disekitarnya dan bangsa dalam skala besarnya. Sehingga berbagai perangkat yang Allah berikan dapat dioptimalkan.

Al-Quran mengajarkan bahwa: sesorang yang tidak menghargai waktu, adalah orang yang paling merugi, karena setiap detik yang kita lewatkan akan di minta pertanggungjawabannya di hadapan Allah kelak, saat hidup tiada batas, tiada akhir dan abadi. Al Ghazali mengatakan bahwa: waktu seperti napas yang keluar dari hidung kita, yang berbentuk butiran-butiran mutiara, yang dengan butiran-butiran itulah kita bisa berbuat sesuatu. Mutiara (waktu) itulah modal utama keberlangsungan hidup kita, orang yang telah membuang waktu, berarti dia telah membuang butiran demi butiran mutiara dengan sia-sia… sebuah ungkapan yang mungkin tidak asing lagi di telinga kita, Secerdik-cerdiknya orang adalah orang yang sering mengingat mati karena saat mengingat mati, otomatis otak akan berpikir, masih berapa waktu yang kita punya untuk berbuat baik sebelum kematian itu tiba… padahal kita tidak pernah tahu kapan maut itu akan menjemput…

Saat ini, di barat khususnya banyak orang yang produktif dalam menargetkan dan meningkatkan kualitas hidup dirinya, dan sebagai ciri khas orang yang produktif, mereka sangat menjaga kata-katanya, mereka upayakan seminim mungkin mengeluarkan kata-kata yang membuat demotivasi orang yang mendengarnya, sehingga keprofesionalan itu tampak luar biasa, belum lagi ditunjang oleh Manajemen waktu yang juga luar biasa disiplin. Namun sayangnya produktifitas mereka terjebak hanya pada aktivitas duniawi belaka. Jika mereka yang mampu bersikap produktif dalam hal duniawi saja hasilnya luar biasa, apalagi yang mempunyai kekuatab spiritual atau The invisible Hand, atau kekuatan yang tersembunyi yaitu Allah… tentu hasilnya akan lebih luar biasa, dalam pandangan manusia terlebih dalam pandangan Allah.

Sebaik-baiknya segala sesuatu adalah yang tengah tengah (seimbang). Keseimbangan menjadi hal yang musti, termasuk yang satu ini, antara produktif materi dengan produktif spiritual, jika kualitas aktivitas kita lebih pada materi, maka berhati-hatilah kepincangan itu akan terjadi, begitu pula sebaliknya, jika melulu aktivitas kita pada rutinitas ibadah saja, maka Allah-pun tidak menyukai orang-orang yang meninggalkan keluarga dan keturunannya dalam kondisi lemah.

Saudariku… kita memang tidak boleh bosan bicara produktivitas… banyak potensi dan peran yang bisa kita optimalkan, jika saja kita menyisihkan rasa ego dan rasa malu kita yang menempel di diri kita, sikap rasa itu, dan raih..! bahwa kita pasti bisa melakukannya jika kita mau…

If You Think… You Can…! Wallahu’alam bisshawab…

Sumber: manajemenQolbu.com

 

 
Leave a comment

Posted by on October 20, 2011 in artikel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: